Gaya Hidup

Lima Rekomendasi Speaker Pintar dari Harman Kardon

Kamis, 04 Maret 2021 - 13:56
Lima Rekomendasi Speaker Pintar dari Harman Kardon ilustrasi Speaker Pintar dari Harman Kardon. (foto: hapeworld)

TIMES TARAKAN, MALANG – Tidak dapat dipungkiri, musik telah menjadi bagian dari aktivitas manusia di mana saja dan kapan saja. Perangkat pemutar musik pun telah banyak berevolusi, mulai dari pemutar offline yang tersedia di ponsel hingga yang paling mutakhir adalah perangkat pemutar musik online seperti Spotify, Joox, hingga iTunes.

Musik yang sedang diputar dapat mempengaruhi suasana hati, namun apa yang terjadi jika musik yang kamu putar memiliki speaker yang tidak jelas. Bisa jadi suasana hati kamu yang gembira menjadi badmood.

Ternyata perlengkapan audio seperti speaker Harman Kardon juga mempengaruhi kualitas musik yang diputar.

Tersedianya beragam pilihan pemutar musik tentu harus didukung dengan perangkat audio yang mampu memberikan pengalaman mendengarkan musik yang maksimal. Seringkali kamu merasa bosan atau merasa lelah karena terlalu lama menggunakan headset. 

Speaker default di laptop atau komputer kamu tentunya tidak mampu memberikan kualitas suara yang yang diinginkan. Meski begitu, pasti kamu juga tidak ingin direpotkan dengan speaker berukuran besar yang seringkali memerlukan instalasi listrik yang rumit.

Tren penggunaan speaker menunjukkan konsumen memiliki kecenderungan untuk mencari jenis speaker dengan desain yang lebih simpel dan portabel. Kebutuhan akan jenis speaker ini disebabkan oleh semakin banyaknya jenis pekerjaan atau aktivitas luar ruangan yang dilakukan. Permintaan terhadap speaker berkualitas tinggi dengan desain portable dan kemudahan konektivitas untuk perangkat elektronik lainnya semakin tinggi.

Jika kamu para penikmat musik, tentu sudah tidak asing dengan perangkat audio atau speaker dengan merek Harman Kardon. Produsen perangkat audio yang sudah berdiri sejak tahun 1953 ini, merupakan salah satu produsen speaker terkemuka di dunia merupakan anak usaha Samsung Electronics.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1953 oleh Sidney Harman dan Bernard Kardon ini memproduksi peralatan audio untuk dipasang di rumah dan mobil.

Kualitas speaker Harman Kardon sudah tidak bisa diragukan lagi. Speaker yang satu ini telah dikenal dengan nama yang tidak asing bagi para pencinta musik yang menginginkan kualitas suara jernih dan cemerlang.

Harman Kardon merupakan gabungan nama belakang kedua pendirinya, Sydney Harman dan Bernard Kardon. Keduanya adalah legenda di bidang speaker berkualitas dengan pengalaman sangat mumpuni sebagai general manager dan chief engineering di perusahaan sebelumnya.

Berbekal visi yang sama, yaitu untuk menghasilkan speaker berkualitas tinggi, keduanya akhirnya memutuskan keluar dari The David Bogen Company, perusahaan tempat mereka bekerja sebelumnya. Mereka mendirikan perusahaan sendiri yang bertahan hingga saat ini.

Walaupun sempat dijual ke pihak lainnya, akhirnya Sydney Harman membelinya kembali dan terus memproduksi speaker berkualitas terbaik yang mampu bekerjasama dengan berbagai perusahaan elektronik terkemuka di dunia hingga saat ini. Perusahaan dengan merek dagang HKR ini memproduksi sistem audio untuk perangkat seperti laptop, komputer, hingga sistem audio mobil.

Di tahun pertama berdirinya Harman Kardon, Sydney Harman merancang speaker dengan komponen yang terintegrasi dengan tuner, amplifier, dan power amplifier. Harman ingin memperkenalkan speaker yang tak hanya memiliki kualitas suara yang tinggi namun juga terdiri dari komponen yang lengkap dengan desain minimalis. 

Sayangnya, speaker pertama yang dirancang oleh Harman bukanlah barang baru di industri audio karena di akhir tahun 1930 Laboratorium Scott Radio telah memproduksi perangkat serupa.

Di tahun 1954, Harman Kardon memproduksi AM/FM tunner pertamanya dengan nama D1000. Model ini didaulat sebagai sistem audio receiver pertama dengan desain terpadu yang simpel. D1000 kelak menjadi patokan bagi produk AM/FM tuner di masa mendatang, baik secara bentuk, fungsi dan ukuran.

Perangkat yang diperkenalkan ini memiliki komponen berupa tuner, unit kontroler, dan amplifier dalam satu kerangka yang lebih sederhana. Ciri khas dari produk pertama Harman Kardon adalah rangkanya yang terbuat dari pelat berwarna tembaga dan selubung serta panel dengan dominasi warna hitam.

Pada tahun 1956, Berdard Kardon memutuskan untuk pensiun dan menjual seluruh saham yang dimilikinya kepada Sydney Harman. Harman kemudian melanjutkan perusahaan dengan nama Harman Internasional namun tetap mempertahankan merek dagang Harman Kardon hingga saat ini. Harman Kardon pun didaulat sebagai vendor audio yang secara eksklusif merancang sistem audio untuk merek otomotif kelas dunia seperti VW, BMW, Audi, dan Ferari.

Setiap orang memiliki kriteria tertentu terhadap speaker yang digunakan. Ada yang cenderung menyukai speaker yang menawarkan suara bass yang dominan, sebagian lagi cenderung menyukai suara dengan nada yang empuk. Namun, semua pasti sepakat perangkat audio terbaik adalah yang mampu menawarkan kualitas suara yang jernih dan akurat.

Sebagai pemimpin teknis, Sydney Harman memiliki visi bahwa speaker Harman Kardon yang diproduksi harus bisa menghasilkan suara sesuai dengan kriteria yang diharapkan oleh pendengarnya. Ia memimpikan bahwa sains akan turut berkontribusi terhadap seni suara dengan menghasilkan perangkat audio bersuara jernih yang akurat.

Harman menginginkan para pengguna speaker Harman Kardon memiliki pengalaman mendengarkan musik dengan kualitas suara persis seperti berada di studio rekaman.

Soundstick III 2.1 diharapkan sebagai speaker andalan dari Harman Kardon. Speaker berbentuk tabung transparan ini mampu menghasilkan kualitas suara yang kaya dan jernih seperti aslinya. Kekuatan utama speaker ini terletak pada performa output bass yang maksimal, sehingga mampu mengantarkan suara musik dengan kualitas sempurna.

Speaker Harman Kardon menawarkan keunggulan pada kualitas output bass yang dihasilkan, yang cocok untuk dipasang di dalam ruangan. Apabila aktivitas yang kamu lakukan lebih sering berada di dalam ruangan, kamu tentu membutuhkan speaker yang nyaman untuk mendengarkan musik dalam waktu yang lama. 

Apabila sedang mencari speaker portabel terbaik, berikut rekomendasi speaker Harman Karbon yang akan memanjakan telinga kamu dan memberikan kepuasan mendengarkan musik dengan kualitas suara yang tinggi!

1. Harman Kardon Nova

Salah satu speaker Harman Kardon yang mungkin cocok bagi kamu adalah Harman Kardon Nova. Speaker dengan tampilan mungil namun menghasilkan kualitas suara yang lantang dan jernih. 

Harman Kardon Nova mampu memproduksi suara vokal dengan baik, jernih dan tidak berlebihan, begitu pula dengan treble dan mid-high yang dihasilkan. Sangat cocok untuk kamu yang menyukai musik dengan berbagai genre seperti classic, jazz, dance, maupun pop.

2. Harman Kardon Onyx Studio

Jika kamu mencari speaker yang awet dan tahan lama, speaker Harman Kardo tipe Onyx Studio adalah pilihan yang tepat. Speaker ini memiliki keunggulan pada material pelindungnya yang terbuat dari metal yang kuat. Sehingga memiliki ketahanan dari goncangan akibat terjatuh atau goncangan lainnya.

Bicara soal daya, speaker Onyx Studio juga memiliki daya dukung baterai yang bisa diisi ulang dan dapat bertahan hingga berjam-jam. Sangat cocok untuk kamu yang suka mendengarkan musik di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, untuk kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan dengan lokasi yang cukup jauh dari sumber listrik, speaker ini adalah yang paling cocok.

Aktivitas luar ruangan akan semakin seru dengan kehadiran musik dengan kualitas suara jernih yang tahan lama. Tidak perlu khawatir tentang sistem pengaturan speaker ini, Onyx Studio dirancang dengan sistem pengaturan yang mudah tanpa membuat kamu repot.

3. Harman Kardon Portable

Apabila kamu adalah pribadi yang sangat mempertimbangkan estetika untuk ruangan tempatmu beraktivitas, portable speaker dari Harman Kardon adalah pilihan tepat. Speaker Harman Kardon jenis ini menawarkan desain modis yang mewah dan elegan.

Bodi speaker terbuat dari logam yang dipadukan dengan kisis-kisi bermotif unik dan tepian body yang dibuat agak miring dengan sentuhan warna mengkilap menambah lengkap kesan mewah nan elegan.

Untuk masalah konektivitas, kamu tidak perlu khawatir. Speaker Harman Kardon jenis ini menuai banyak pujian karena konektivitasnya yang tinggi untuk jenis ponsel apapun. Bahkan, untuk jenis ponsel tertentu, speaker ini mampu terhubung langsung dengan perangkat audio ponsel. Speaker ini juga dilengkapi dengan bluetooth sehingga kamu dapat memutar musik baik langsung dari ponsel, komputer, maupun laptop.

Speaker portable Harman Kardon menawarkan perangkat audio dengan sistem suara berkualitas tinggi yang terintegrasi dengan desain portable mewah dan konektivitas tinggi untuk perangkat elektronik kamu.

4. Harman Kardon Onyx 3

Speaker Harman Kardon selalu menawarkan inovasi baru terkait kebutuhan perangkat audio yang terintegrasi. Desain sederhana yang elegan dengan kesan mewah selalu menjadi nilai jual utama di setiap produk-produk speaker yang dihasilkan. Namun, speaker Harman Kardon selalu selangkah lebih unggul dari para kompetitor dengan menawarkan fitur simpel yang unik.

Salah satunya yang terdapat pada speaker Onyx 3. Pasalnya, speaker ini dirancang dengan built-in microphone yang didukung dengan teknologi noise dan echo cancelling yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan telepon melalui speaker.

Ditambah lagi dengan fitur bluetooth yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan ponsel dengan speaker dengan sekali pairing. Fitur bluetooth akan langsung terkoneksi dengan ponsel yang terakhir kali terkoneksi dengan speaker.

Seluruh fitur memang dirancang untuk memberikan kemudahan dan pengalaman menikmati suara dengan nyaman. Termasuk bagaimana speaker Harman Kardon selalu merancang peletakan tombol yang tidak akan mengganggu aktivitas penggunaan speaker dalam keadaan apa saja.

5. Harman Kardon Aura Studio Wireless Bluetooth Home Speaker

Harman Kardon Aura Studio Wireless Bluetooth Home Speaker bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki cita rasa seni yang tinggi. Speaker ini dirancang dengan desain rangka berbentuk tabung transparan yang dilengkapi dengan sistem pencahayaan halus sehingga menampilkan kesan mewah dan elegan. Kamu akan mendapatkan speaker yang berfungsi sekaligus sebagai karya seni yang menghiasi ruanganmu.

Spesifikasi yang diusung oleh Harman Kardon Aura Studio Wireless Bluetooth Home Speaker ini tetap tidak akan membuat kamu kecewa. Speaker ini mampu menghasilkan suara vokal yang jernih dan output bass yang mendalam. Dilengkapi dengan transduser 6 mida yang mampu mencapai tinggi hingga 1,5'' dan omni directional serta tak ketinggalan subwoofer mencapai 4,5'' yang menghasilkan suara bass yang kaya dan kuat. 

Menggunakan speaker ini, kamu akan mendapatkan pengalaman mendengarkan musik seperti berada langsung di depan sebuah panggung konser musik. Speaker nirkabel ini dilengkapi dengan teknologi bluetooth dan mendukung penggunaan airplay dan DLNA tanpa memakan banyak daya. Dapat dihubungkan langsung dengan perangkat ponsel dan dilengkapi dengan built-in microphone yang memungkinkan kamu untuk dapat melakukan panggilan telepon melalui speaker.

Bagi kamu yang suka dengan output bass yang kaya, speaker ini memungkinkan untuk melakukan pengaturan bass dengan mengunduh aplikasi yang tersedia di Google Play Store maupun Apps Store.

Itulah lima rekomendasi speaker dari Harman Kardon. Apakah kamu tertarik membelinya? (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tarakan just now

Welcome to TIMES Tarakan

TIMES Tarakan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.