https://tarakan.times.co.id/
Kopi TIMES

Sampai Kapan Kartini Indonesia Mengejar Emansipasi

Sabtu, 20 April 2024 - 18:03
Sampai Kapan Kartini Indonesia Mengejar Emansipasi HM Basori M.Si, Direktur Sekolah Perubahan, Training, Research, Consulting, and Advocasy

TIMES TARAKAN, JAKARTA – Diam diam para perempuan melakukan sebuah gerakan yang terstruktur, sistematis dan massif untuk mengokohkan perempuan yang dikenal dengan Emansipasi Wanita. Mungkin banyak laki-laki yang tidak tahu bahwa agenda mereka ingin membawa perempuan sejajar dengan laki laki dalam semua lini kehidupan. Apakah mereka salah? Jawabnya tidak! Karena gerakan tersebut sebuah keinginan. 

Allah memberi kemulia perempuan tiada banding dan tiada tanding. Bayangkan saja Surga saja dibawah telapak kaki ibu, perempuan adalah tiang negara, perempuan Indonesia dilindungi dengan UU Penghapusan Kekerasan Seksual. Semua kekhususan tersebut bukan tanpa tujuan. Semua hal tersebut sudah menempatkan perempuan pada posisi yang mulia dan istimewa. Selanjutnya mengapa mesti harus dan terus berusaha memperjuangkan Emansipasi?

Ketika perempuan sudah ada yang menjadi Presiden, anggota DPR-RI/DPRD, Menteri, Bupati, Kepala Desa, perangkat desa bahkan Kader PKK, itu artinya perempuan sudah cukup mendapatkan ruang yang sangat luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Maka emansipasi wanita di zaman sekarang sebenarnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, karena kalau diam diam perempuan menguatkan dirinya ingin sama persis dengan laki laki di semua lini kehidupan, itu yang justru menjadi tidak nyaman. 

Ada adat istiadat masyarakat yang pada kenyataannya baik dan nyaman juga bagi perempuan, tanpa mengurangi signifikansi perjuangan dan ekspresi keperempuanannya

Perempuan di era kebebasan berekspresi perlu mengokohkan kembali sebagai seorang ibu yang melahirkan anak anak cerdas, Pinter dan soleh/solehah. Perempuan adalah madrasah pertama terwujudnya anak yang memiliki jiwa religius dan berakhlak mulia. Perempuan adalah pencetak generasi bangsa yang memiliki dedikasi dan integritas sehingga ketika mereka dewasa menjadi seorang pemimpin yang amanah dan berintegritas. 

Perempuan masa depan harus mampu mengikuti perkembangan teknologi berbasis AI atau rekayasa teknologi lain yang serba SMART. Perkembangan teknologi, politik, ekonomi dan sosial yang bersifat global memaksa perempuan untuk familier dalam berteknologi yang serba canggih. Namun Semua kehebatan, kecerdasan dan keberanian perempuan  tersebut jangan sampai  meninggalkan sifat feminin yang dicari oleh laki laki. 

Laki laki merindukan kelembutan, kasih sayang, perhatian, pengertian dan bagaimana hidupnya indah, semua ada perempuan yang feminin. Laki laki hebat selalu butuh perempuan yang mengerti dan baik hati. 

Maka laki laki baik dan perempuan baiklah yang akan menjadikan perempuan berada pada kemuliaan hidup di dunia dan akhirat. Satu hal yang harus di ingat “Jika suatu negara  kaum perempuannya baik, maka baiklah negara dan sebaliknya jika kaum perempuan rusak maka hancurnya negaranya”

Selamat Hari Kartini, Semoga Kartini selalu memberi motivasi dan inspirasi untuk kemajuan perempuan Indonesia yang Hebat Hebat. (*)

***

*) Oleh : HM Basori M.Si, Direktur Sekolah Perubahan, Training, Research, Consulting, and Advocasy

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

*) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Pewarta : Hainorrahman
Editor : Hainorrahman
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tarakan just now

Welcome to TIMES Tarakan

TIMES Tarakan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.