Pendidikan

UGM Berhasil Raih Penghargaan Akuntabilitas dan Kinerja Terbaik

Selasa, 23 Februari 2021 - 22:24
50.04k
UGM Berhasil Raih Penghargaan Akuntabilitas dan Kinerja Terbaik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (FOTO: Dok. Humas UGM for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) mendapat penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Institusi Pemerintah atau SAKIP dengan predikat A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk tahun 2021 ini.

Penghargaan ini menegaskan bahwa UGM merupakan  institusi pemerintah yang dinilai telah berhasil menjalankan akuntabilitas dan kinerja dengan sangat baik. Tidak hanya itu, penghargaan tersebut menobatkan UGM sebagai satu satunya Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang mendapat penghargaan dengan predikat A.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sistem Informasi Dr. Supriyadi, M.Sc., CMA, CA, Ak., mengatakan dengan pemberian penghargaan ini makin memotivasi para pimpinan di lingkungan UGM untuk meningkatkan pengembangan tata kelola menjadi semakin baik.  Meski penilaian SAKIP ini dilaksanakan setiap tahun untuk menilai kinerja seluruh lembaga pemerintah.

“Tentu penghargaan ini sangat membanggakan. Bagaimanapun sebagai institusi pemerintah menjadi satu hal yang sangat penting mengikuti program ini. Penghargaan yang kita dapat makin menambah motivasi untuk meningkatkan tata kelola semakin baik dalam mencapai  visi dan misi UGM,” kata Supriyadi dalam siaran pers Humas UGM kepada TIMES Indonesia, Selasa (23/2/2021).

Ia menuturkan penilaian SAKIP dilakukan pada semua institusi pemerintah termasuk dalam hal ini PTN dan PTN BH. Dalam daftar tersebut UGM sebagai perguruan tinggi dengan kinerja terbaik kedua setelah Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan peringkat ketiga diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta.

“Kita satu-satunya PTN BH yang mendapatkan penghargaan ini,” tuturnya. 

Menurut Supriyadi, UGM sebagai PTN BH ditargetkan oleh Kemendikbud RI memperoleh peringkat B, namun dari hasil penilaian SAKIP sepanjang tahun 2020 lalu, akhirnya pada pengumuman tahun ini justru UGM berhasil melampaui target.

“Kita tentu bersyukur. Capaian ini memang tidak mudah. Bahkan banyak Kementerian dan lembaga Dirjen yang dapat nilai B,” ujarnya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa SAKIP merupakan penilaian kinerja dari sisi untuk meningkatkan efisien dan efektifitas dari akuntabilitas kinerja dari setiap unit institusi pemerintah. Beberapa hal yang dinilai dari sisi rencana strategis, target, pengawasan, proses penilaian dan pengukuran kinerja di masing-masing internal unit kerja.

“Yang dinilai itu lembaga yang sudah mempunyai skema dalam perencanaan, sudah menyiapkan, melaksanakan dan mengawasi berbagai kegiatan yang ada,” ungkapnya. 

Di UGM sendiri, kata Supriyadi, memiliki sistem perencanaan terkait rencana strategis lima tahun, rencana strategis satu tahun, target kinerja, perjanjian kinerja pimpinan dengan bawahan, bahkan perjanjian antara Rektor dengan Kementerian serta Dekan dengan kepala unit kerja.

“Dengan karyawan pun ada perjanjian kerja dimana ada proses penilaian dan pengukuran kinerja,” jelasnya. 

Soal pengukuran kinerja ini dikelola dengan sangat baik dimana setiap periode dilakukan evaluasi.

“Ada monitoring tiga bulan, setengah bulan, lalu dilaporkan. Dari hasil itu dievaluasi mana yang sudah tercapai maupun yang tidak tercapai sehingga segera bisa mengambil tindakan untuk memperbaiki,” papar Supriyadi, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sistem Informasi UGM. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tarakan just now

Welcome to TIMES Tarakan

TIMES Tarakan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.