Gaya Hidup

5 Aroma Essential Oil Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Minggu, 18 Oktober 2020 - 01:21
50.44k
5 Aroma Essential Oil Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak ILUSTRASI - Tidur Lebih Nyenyak dengan aroma terapi. (FOTO: mashable.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jam malam digunakan orang untuk beristirahat. Namun apa jadinya jika sulit tidur? Ada banyak cara untuk menghilangkan insomnia (susah tidur) salah satunya menggunakan essential oil.

Essential oil merupakan minyak alami yang terbuat dari tanaman tertentu dan didapat dari akar, batang, daun, bunga, maupun buahnya. 

Ada banyak aroma essenstial oil di pasaran, namun berikut ini aroma yang direkomendasikan untuk digunakan agar tidur lebih berkualitas.

1. Lavender

Wangi lavender dapat memperlambat aktivitas sistem saraf dan membuat kualitas tidur jadi membaik. Aromanya bersifat menenangkan sehingga mampu meningkatkan mood dan membuat suasana hati jadi lebih stabil. 

2. Bergamot

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice tahun 2016, aroma bergamot terbukti ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur. Bergamot punya aroma yang mirip citrus, hmm segar!

3. Cedarwood

Aroma cedarwood telah terbukti secara klinis mampu meningkatkan kualitas tidur. Anda juga bisa mencampur minyak esensial cedarwood dengan lavender untuk menghasilkan aroma menenangkan yang lebih optimal. 

4. Chamomile 

Chamomile mampu meredakan insomnia karena stres maupun gangguan kecemasan. Tak hanya orang dewasa, aroma ini juga sangat cocok untuk bayi. 

5. Mawar 

Mawar selalu menjadi idola ya. Aroma mawar bersifat menenangkan sehingga pikiran lebih rileks dan mengurangi stres. Tak salah jika aroma mawar ini sering digunakan untuk mengatasi insomnia. Bahkan sebuah penelitian menyebut kalau essential oil mawar pun bisa meningkatkan produktivitas seseorang jika digunakan saat belajar, sebab aromanya dapat membuat saraf rileks dan nggak tegang.

Lalu bagaimana cara menggunakan essential oil?

Anda dapat meneteskannya di tangan dan dioles di sekitar leher, belakang telinga, maupun pundak. Pijat dengan lembut, agar lebih rileks.

Selain dioles, essential oil juga dapat diteteskan dibantal. Aromanya akan tangsug tercium.

Essential oil juga dapat diteteskan ke diffuser dan campur dengan aroma lainnya. Aroma dari essential oil akan membuat tidur Anda makin berkualitas. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tarakan just now

Welcome to TIMES Tarakan

TIMES Tarakan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.